Marketing Managers memiliki banyak tanggung jawab atas aktivitas tim marketing perusahaan, bagusnya bagusnya sebuah produk tidak akan ada nilainya bila divisi marketing tidak berjalan dengan baik.
Memiliki peran yang sangat penting di sebuah perusahaan orang yang menjabat sebagai marketing manager harusnya cerdas dan tanggap dalam menyusun strategi pemasaran.
Selain itu harus mampu menganalisa serta mengimplementasikan sebuah rencana yang sudah susun secara matang ke timnya.
Marketing Managers
Marketing managers pengertian adalah seseorang yang mengatur semua aktivitas pemasaran serta bertanggung jawab penuh atas program atau kebijakan terkait dengan pemasaran sebuah perusahaan.
Profesi ini juga dikenal sebagai pemimpin kampanye pemasaran perusahaan.
Karena itu, strategi penjualan produk tidak lepas dari pertimbangan seorang manajer pemasaran.
Manajer pemasaran memiliki peran penting dalam keuntungan perusahaan.
Fokus manajer tidak hanya pada marketing offline namun juga online mengikuti tren digital.
Artinya, seorang manajer dituntut untuk memandang keadaan sekarang dan juga berusaha melihat peluang masa depan.
Peluang yang ada dapat dibuat menjadi program pemasaran.
Baca Juga : Marketing Executive adalah: Gaji, Cara Kerja dan Tugas
Berkaitan dengan hal ini, manajer bertanggung jawab pada kelangsungan aktivitas pemasaran.
Selain itu, efektivitas kerja di divisi pemasaran pun tak lepas dari pengawasan manajer.
Karena itu, seorang manajer harus bisa profesional dalam bekerja supaya segala aktivitas pemasaran dapat berjalan lancar.
Perusahaan tentu tidak ingin penjualan menurun akibat kelalaian manager.
Sebelum menduduki posisi ini, penting sekali memiliki pengalaman.
Tugas Marketing Manager
Sudah disinggung di atas bahwa seorang manajer pemasaran memiliki sejumlah tanggung jawab yang diemban.
Karena itu, selama bekerja harus fokus dan memahami semua jobdesknya.
Bagi yang belum paham, berikut 4 tugas marketing manager.
Baca Juga : Chief Marketing Officer adalah, Tugas Dan Gaji
1. Mengawasi Kegiatan Penjualan dan Pemasaran
Kegiatan penjualan dan pemasaran diawasi oleh manajer pemasaran.
Seluruh kinerja promosi, pemasaran higga penjualan berada di bawah pengawasan manajer.
Pastikan tim memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
Manajer juga bertanggung jawab terhadap perencanaan produk untuk dijual.
Harga jual produk ditentukan tidak boleh sembarangan agar tidak terlalu mahal atau murah sehingga merugikan perusahaan.
Jika terlalu mahal, banyak konsumen tidak tertarik untuk membelinya.
2. Mengatur dan Mengevaluasi Pemasaran
Marketing managers juga bertugas mengatur penjualan produk yang akan diangkut ke pasar.
Tanpa pengaturan ini, maka jumlah produk keluar dan sisa tidak diketahui dengan baik.
Akhirnya berdampak pada keuntungan perusahaan.
Selain itu, juga wajib semua kegiatan pemasaran. Jika ada yang tidak berhasil sesuai target, maka dipikirkan solusi bersama anggota tim.
Begitu juga saat ada keluhan masyarakat tentang kekurangan produk, manajer perusahaan harus bisa menanganinya.
Baca Juga : Social Media Marketing: Strategi dan Contoh
3. Merealisasikan Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran banyak sekali misalnya ingin menggunakan media sosial.
Langkah apa saja yang harus dilakukan. Tahapannya harus diketahui supaya lebih mudah mendapat konsumen.
Karena itu, manajer harus menentukan strategi promosi menarik dan cocok untuk produk.
Mengenalkan produk ke target konsumen memang bukan hal mudah, sampai konsumen tersebut yakin untuk membeli.
Karena itu, manajer harus memiliki ide kreatif dan solusi pemecahan masalah.
Pelayanan terbaik kepada konsumen baru dan pelanggan lama juga harus diperhatikan.
4. Memberi Arahan Karyawan
Manager bertugas mengarahkan karyawan pada semua aktivitas pemasaran.
Biasnya divisi ini dibagi ke dalam tim-tim. Supaya bersedia bekerja sama, manajer selain memberi arahan juga harus mampu menginspirasi.
Pastikan bahwa semua karyawan memiliki hubungan baik dengan konsumen.
Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan penjualan.
Selain itu, harus dapat menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar berkaitan dengan marketing.
Baca Juga : Apa Itu Bisnis Multi Level Marketing? Pengertian dan Contoh
Gaji Marketing Manager
Gaji marketing manager tentu saja kisarannya berbeda setiap perusahaan.
Biasanya nominal gaji ditentukan oleh level jabatan serta lama waktu bekerja.
Semakin tinggi level maka gaji juga ikut meningkat. Kisaran untuk manager berpengalaman bisa memperoleh gaji sekitar Rp 5 jutaan.
Namun, harus didukung oleh beberapa kemampuan berikut ini.
1. Cermat Mengambil Keputusan
Seorang manajer pemasaran harus mempelajari cara menganalisis data pelanggan.
Tanpa hal ini, keputusan diambil tidak sesuai atau tidak tepat.
Sebab dengan mengetahui data konsumen, lebih mudah memahami pasar.
Kampanye pemasaran bisa dioptimalkan disesuaikan tren pasar.
Karena itu, manajer juga harus memiliki pandangan luas terhadap dunia bisnis.
Fokus pada satu strategi, eksekusi untuk melihat hasilnya. Jika akhirnya ada yang gagal, bisa mencoba strategi berikutnya.
Baca Juga : Marketing Manajemen adalah: Fungsi, Unsur dan Contoh
2. Menguasai Teknologi
Era digital ini hampir semua karyawan dituntut untuk memahami teknologi dan pintar memanfaatkannya.
Persaingan sekarang ini menggunakan teknologi, jika masih awam akan kesulitan mengembangkan perusahaan.
Meskipun begitu, kemampuan menulis juga sangat dibutuhkan.
Mulai dari bahasa formal hingga informal bisa dicetuskan dengan baik melalui tagline singkat.
Membutuhkan kreativitas dalam menyusun kata-kata guna menarik perhatian konsumen.
Itulah penjelasan tentang marketing managers di binisman.id yang harus diketahui jika tertarik dengan profesi ini. Tanggung jawabnya besar pada divisi pemasaran.
Tetapi jangan khawatir tentang gajinya, karena perusahaan memberikan sesuai performa dan jobdesk.