Chief Marketing Officer

Istilah Chief Marketing Officer mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pelaku bisnis, namun untuk pemula pasti masih bertanya tanya tentang apa itu Chief Marketing Officer dan tugasnya apa, serta gaji yang diterima bila memiliki posisi seperti itu.

Seorang CMO memiliki tanggung jawab dalam sebuah aktivitas organisasi perusahaan yang berkaitan erat dengan mengkomunikasikan,

Menciptakan dan menyampaikan suatu produk, disisi lain harus bisa menjadi pemimpin luar biasa dalam mengambil suara pelanggan.

Nah untuk lebih jelasnya sebagai berikut

Chief Marketing Officer

Chief marketing officer adalah pejabat perusahaan untuk memfasilitasi pertumbuhan serta meningkatkan penjualan.

Tanggung jawabnya pada aktivitas yang berhubungan dengan produksi serta negosiasi bernilai untuk klien, pelanggan ataupun mitra bisnis.

Baca Juga : Marketing Executive adalah: Gaji, Cara Kerja dan Tugas

Tugas Marketing Officer 

Tugas Chief Marketing Officer

Chief Marketing Officer (CMO) merupakan pimpinan pada divisi marketing di perusahaan. Tugasnya cukup berbeda bilang di bandingan dengan tugas administrasi marketing

Peran Ini sangat penting fokusnya bukan saja pada pemasaran tetapi juga pada manajemen penjualan hingga pelayanan pelanggan.

Berikut sejumlah tugas marketing officer: 

1. Melakukan Analisis Data 

CMO melakukan analisis data berkaitan dengan tujuan pemasaran agar mudah menentukan strateginya.

Selanjutnya membuat, melaksanakan serta mengatur strategi pemasaran. Tren pasar juga dianalisa oleh pimpinan divisi ini. 

Program apa saja yang sebaiknya dibuat misalnya penawaran diskon, beli 2 gratis 1 dan sebagainya dipikirkan oleh CMO.

Tugas berikutnya mengawasi biaya berkaitan dengan pemasaran dan berusaha membuat inovasi produk. 

2. Memahami Produk Perusahaan 

Produk perusahaan harus dipahami oleh semua karyawan atau tim di divisi pemasaran, bukan CMO saja.

Berkaitan dengan hal ini jobdesk seorang CMO cenderung kepada melakukan pengawasan kinerja tim pemasaran. 

Tugas berikutnya mengamati perkembangan produk baru yang diluncurkan perusahaan.

Data penjualan serta anggaran untuk kedepannya juga diperhatikan.

Tujuannya supaya penjualan berjalan lancar dan pemasaran dilakukan secara efektif. 

3. Membuat Strategi Perencanaan 

CMO bertugas membuat strategi pemasaran. Jika menggunakan media sosial maka, strategi dimulai dari mengenali selera audiens atau pangsa pasar.

Tugas selanjutnya, melakukan analisis ekonomi mikro. Jadi, menjadi CMO harus paham ilmu ekonomi. 

Hal berikutnya yaitu melakukan pengembangan berkaitan dengan prospek perusahaan.

Penentuan harga produk juga memiliki campur tangan CMO.

Segmentasi hingga analisis pasar juga dilakukan supaya produk bisa bersaing dengan pebisnis lain. 

4. Menyesuaikan Langkah dengan Budget 

Hal yang harus dilakukan CMO selanjutnya yaitu memonitor pelaksanaan pemasaran agar sesuai dengan budget.

Semua strategi diterapkan tentu membutuhkan modal, karena itu harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki perusahaan. 

CMO juga harus memahami praktik marketing terbaru sebab dunia bisnis bersifat dinamis.

Perubahan terjadi tidak menentu, dan harus dipahami oleh CMO.

Tujuannya untuk memudahkan mengambil strategi yang relevan dengan perkembangan zaman. 

5. Bekerja Sama dengan Pihak Lain

CMO pada dasarnya juga berhubungan dengan pertumbuhan perusahaan.

Karena itu, sangat penting menjalin hubungan dengan perusahaan lain.

Hal ini juga berada di bawah tanggung jawab seorang chief marketing officer. 

Menghadiri konferensi marketing agar lebih mudah berkenalan dengan pebisnis lain, selanjutnya jalin kerja sama.

Biasanya perusahaan menjalin hubungan dengan beberapa perusahaan. Tujuannya selain meningkatkan penjualan juga meraih keuntungan. 

Gaji Chief Marketing Officer

Gaji Chief Marketing  Officer 

Posisi paling tinggi di divisi pemasaran adalah chief marketing officer.

Menariknya, CMO bahkan memiliki peluang untuk naik jabatan sebagai CEO.

Besaran gaji chief marketing officer berada dalam kisaran paling tinggi diantara posisi lain di divisi pemasaran misalnya gaji digital marketing.

Meskipun begitu, setiap perusahaan menetapkan nominal gaji yang berbeda antara sesuai tugas dan jobdesknya.

Selama setahun, CMO bisa mendapatkan sekitar Rp 3 miliar dalam satu tahun bekerja. Karena itu, posisi ini cukup diminati siapa saja di bidang bisnis. 

Jika Anda tertarik menduduki posisi ini, harus memenuhi syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Salah satunya memiliki skill komunikasi yang baik, profesional serta mau belajar dengan senior.

Berkaitan dengan pengambilan keputusan, CMO juga dituntut cermat agar tidak terjadi kesalahan.

Skill Chief Marketing Officer 

Kinerja seorang chief marketing officer sangat berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan.

Tidak sembarangan orang diterima untuk menduduki posisi ini.

Karena itu, CMO harus memiliki kemampuan berikut agar bisa memimpin divisi pemasaran.

Semua yang bekerja di divisi pemasaran sangat penting skill komunikasi.

Tanpa komunikasi yang bagus, akan sulit memberi penjelasan terkait produk, strategi penjualan dan hal lainnya.

Menjalin hubungan dengan pelanggan lebih mudah bagi seorang yang komunikatif. 

Kemampuan memimpin juga sangat penting sebab CMO sering melakukan koordinasi dengan para divisi.

Tanpa kemampuan ini, maka tanggung jawab sebagai pimpinan tidak berjalan dengan lancar.

Padahal seorang CMO juga harus bisa menginspirasi tim. 

Itulah penjelasan chief marketing officer adalah pimpinan divisi pemasaran. Gajinya cukup besar terutama perusahaan tersebut sudah sangat maju.

Semua pasti ingin mendapatkan gaji tinggi, tetapi untuk lolos menjadi CMO tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sekian Ulasan Bisnisman.id Tentang chief marketing di harapkan artikel ini dapat memberikan informasi tambahan untuk pembaca sekalian terima kasih.

Biznis an

berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan pengembangan usaha kecil hingga menengah. Dengan lebih dari [jumlah tahun] tahun pengalaman dalam berbagai industri, Biznis an telah membantu banyak perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka melalui pendekatan yang inovatif dan berfokus pada hasil.

Bagikan: