Marketing Executive

Marketing Executive pada dasarnya memiliki kemiripan dengan sales executive jika berpatokan pada dasar ilmu pemasaran, Hanya saja untuk lebih kerennya disebut lah lebih ke arah marketingnya, sedangkan untuk job desknya sebagai pemasar produk ke pelanggan secara langsung akan tetapi lebih fokus pada target penjualan.

Kalau dalam digital marketing biasanya tugas Bagian executive pemasaran melakukan pengembangan strategi pemasaran untuk menaikan rating penjualan dalam brand yang mereka pegang.

Contohnya bertemu client langsung, menerapkan strategi-strategi marketing serta menganalisa target dari produk yang sedang di pasarkan.

Marketing Executive

Marketing executive adalah profesi bertanggung jawab dalam meningkatkan nilai produk atau perusahaan di masyarakat.

Misalnya dengan mengadakan kampanye pemasaran untuk promosi, acara maupun layanan pelanggan.

Baca Juga : Chief Marketing Officer adalah, Tugas Dan Gaji

Gaji Marketing Executive

Marketing Executive adalah

Berbicara tentang gaji selalu membuat orang penasaran. Perlu diketahui bahwa antara satu perusahaan dengan perusahaan lain menetapkan kisaran gaji berbeda.

Karena itu, gaji yang diperoleh tergantung perusahaan mana Anda bekerja serta tanggung jawabnya. 

Gaji marketing executive adalah  berkisar Rp 5 jutaan per bulan.

Namun, jika bekerja di perusahaan bonafit, gaji diperoleh lebih tinggi.

Pastinya semakin tinggi untuk pemasaran executive di perusahaan multinasional. 

Berminat menduduki posisi ini harus memenuhi syarat dan kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Kemampuan dasar dalam pemasaran harus dimiliki.

Tanpa kemampuan memadai, perusahaan akan kesulitan mencapai visi dan misi. 

Tugas Marketing Executive 

Perusahaan membutuhkan marketing executive untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan melalui strategi perusahaan.

Profesi ini banyak berhubungan dengan promosi produk dan jasa.

Oleh karena itu, agar promosi berjalan lancar berikut beberapa tugas marketing executive di divisi pemasaran.

Baca Juga : Social Media Marketing: Strategi dan Contoh

1. Melakukan Riset Pasar dan Mengenalkan Produk

Marketing executive perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui selera konsumen dan tren pemasaran.

Tanpa hal ini, produk yang diluncurkan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Artinya peluang terjual produk tersebut sangat kecil. 

Produk perlu dikenalkan kepada target konsumen supaya mereka mengetahui, mengenal dan tertarik untuk membelinya.

Semua informasi yang bisa diketahui konsumen tentang produk harus dijelaskan dengan baik.

Misalnya keunggulan, bahan utama pembuatan produk hingga cara memakainya. 

2. Bekerja Sama dengan Tim Desain 

Seorang pemasaran executive juga sangat penting bekerja sama dengan tim desain.

Misalnya desain logo produk, desain kemasan, font tulisan dan hal lain berhubungan dengan kemasan dan promosi.

Karena biasanya marketing executive tidak memiliki skill desain grafis, sehingga dibutuhkan tenaga khusus tim desainer. 

Juga bekerja sama dengan media percetakan untuk mencetak brosur, pamflet ataupun buletin berhubungan dengan produk.

Jika perusahaan memiliki mesin cetak sendiri, maka dapat melakukan pencetakan langsung.

Namun, solusi jika tidak memilikinya adalah menggunakan jasa percetakan. 

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Multi Level Marketing? Pengertian dan Contoh

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen 

Marketing executive juga bertugas menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Berikan pelayanan terbaik, bantu konsumen saat ada kendala berkaitan dengan produk.

Jika ada pertanyaan segera respon, karena konsumen suka fast respon. 

Jika hubungan berhasil terjalin dengan baik, komunikasi ramah dan pebisnis memahami konsumen.

Hal ini membuat konsumen merasa nyaman sehingga pembelian produk berikutnya masih dilakukan pada perusahaan Anda.

Jika tidak dilayani dengan baik, konsumen bisa saja beralih ke pesaing. 

4. Mencari Konsumen Baru 

Executive pemasaran juga bertugas mencari konsumen baru.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan penjualan. Karena menunggu pelanggan lama untuk repeat order cukup lama,

Sedangkan perusahaan selalu ingin produk terjual setiap minggu atau bulan. 

Tanpa konsumen baru, perusahaan tidak akan berkembang. Jadi jangan hanya berharap pelanggan lama untuk repeat order.

Karena tidak bisa dipastikan bahwa semua pelanggan tersebut setiap pada produk Anda.

Meskipun begitu tetap berusaha berikan pelayanan terbaik dan yakinkan untuk repeat order. 

Baca Juga : Digital Marketing Funnel: Urutan Dan Contoh

5. Mencari Informasi tentang Pesaing 

Executive pemasaran juga harus mencari informasi tentang pesaing.

Maksudnya di sini pesaing yang menjual produk yang sama dengan produk Anda. Jika berbeda produk, berartinya itu bukan pesaing Anda. 

Mengetahui informasi tentang pesaing memudahkan Anda menentukan strategi yang tepat pemasaran berikutnya.

Mengetahui kekurangan produk pesaing, dan bisa Anda jadikan sebagai kelebihan di produk Anda. 

Tips Bekerja Sebagai Marketing Executive

Tips Bekerja Sebagai Marketing Executive

Tidak sedikit tertarik menduduki posisi dan kerja marketing executive.

Sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya ketahui dulu kemampuan apa saja dibutuhkan agar mudah lolos atau diterima perusahaan.

Pertama, kemampuan yang harus dimiliki adalah skill komunikasi interpersonal dan public speaking. 

Mampu menulis dengan baik untuk memasarkan produk, teliti, inovatif dan kreatif.

Selanjutnya, memiliki skill negosiasi dan dapat bekerja sama dalam tim.

Seorang executive marketing juga dituntut menguasai teknologi savvy untuk pemasaran menggunakan media digital. 

Baca Juga : Marketing Managers : Pengertian, Tugas dan Gaji

Itulah penjelasan marketing executive adalah karyawan yang bertugas dalam pemasaran dan penjualan produk.

Terdapat sejumlah tugas dibebankan untuk dikerjakan. Jangan khawatir tentang gajinya karena perusahaan tahu kisaran sesuai tanggung jawab karyawannya. 

Biznis an

berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan pengembangan usaha kecil hingga menengah. Dengan lebih dari [jumlah tahun] tahun pengalaman dalam berbagai industri, Biznis an telah membantu banyak perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka melalui pendekatan yang inovatif dan berfokus pada hasil.

Bagikan: