Staff Marketing

Staff Marketing dalam dunia pemasaran menjadi suatu hak yang tidak boleh dilupakan, sebab berhasil tidaknya sebuah usaha penjualan sebuah produk di perusahaan yang menentukan ada staff marketing,

Dalam sebuah marketing memiliki banyak staf dan divisi yang memiliki pekerjaan masing-masing sehingga penjualan dapat dicapai sesuai dengan target perusahaan itu sendiri.

Value sebuah produk sangat penting ditonjolkan supaya dapat diketahui dan dibutuhkan konsumen,

Nah tugas staff marketing menangani hal seperti itu. lebih lengkapnya simak di bawah ini.

Staff Marketing

Staff Marketing

Staff marketing adalah karyawan yang melaksanakan kebijakan dari divisi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Aktivitas staff dimulai dari penawaran barang, memantau proses dan progres penjualan,

Menerima keluhan, menjaga hubungan dengan konsumen serta PO. 

Baca Juga : Pekerjaan Marketing: Executive, Communication dan Contoh

Gaji Staff Marketing

Divisi pemasaran sama seperti divisi yang lain, memiliki karyawan sesuai dengan tugas masing-masing.

Menjadi staff marketing tentunya tidak semudah yang dibayangkan.

Sebab, bertanggung jawab terhadap penghasilan perusahaan. 

Bekerja di bidang pemasaran memiliki gaji cukup besar termasuk gaji staff marketing.

Kisarannya sekitar Rp 5 jutaan per bulan. Tentu saja nominal ini bisa bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Bisa juga dipengaruhi jenis produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. 

Gaji di atas sepadan dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban staff marketing.

Namun, jika sudah bekerja dan berpengalaman lebih dari 10 tahun, kenaikan gaji untuk staff tersebut memiliki peluang cukup besar.

Karena itu untuk pemula tetap semangat bekerja dan mengasah skill. 

Baca Juga : Mass Marketing: Keuntungan, Contoh dan Fokus Pemasaran

Contoh Tugas Staff Marketing

Staff Marketing

Semua karyawan yang bekerja di perusahaan memiliki tugas atau tanggung jawab.

Karena tujuan perusahaan merekrut adalah untuk bekerja. Tanpa bekerja tidak akan diberikan gaji.

selain itu, sebelum melamar pekerjaan ini, harus tahu dulu sejumlah contoh tugas staff marketing berikut.

1. Melaksanakan Kebijakan Manajemen 

Karyawan atau staff marketing melaksanakan semua kebijakan perusahaan dalam pemasaran.

Mungkin saja setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda.

Tetapi semua itu dibuat untuk keuntungan penjualan produk. 

Karyawan melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab dengan baik agar semua proses berjalan lancar.

Bayangkan saja jika ada karyawan bermalas-malasan maka pekerjaan lain juga terhambat.

Hal ini juga akan dievaluasi oleh manajer. 

Baca Juga : Komunikasi Pemasaran Terpadu: Strategi dan Contoh

2. Menawarkan Produk (Negosiasi)

Karyawan memasarkan produk kepada target konsumen.

Jika ada pelanggan lama, karyawan tinggal menjaga hubungan baik, melayani saat ada pertanyaan.

Namun, mencari konsumen baru tentu agak berbeda sebab harus membangun hubungan terlebih dahulu. 

Karyawan menerapkan semua strategi dan rancangan pemasaran.

Karena siapa saja yang bekerja di divisi pemasaran, pasti tujuan utamanya untuk meningkatkan penjualan.

Hubungan profesional harus bisa dibangun dengan konsumen. 

3. Menanggapi Keluhan Konsumen 

Ketika produk sudah digunakan oleh konsumen, mungkin saja ada keluhan.

Karyawan wajib melayani semua konsumen yang memberi keluhan.

Tanyakan apa masalahnya, pahami dan cari solusinya supaya konsumen tidak berpindah ke pesaing. 

Jika ada kesalahan cara penggunaan, maka karyawan harus bersedia menjelaskan lagi langkah-langkah atau tahapan pemakaian produk dengan benar.

Karyawan tidak boleh cuek dalam menanggapi semua keluhan karyawan, meskipun dalam keadaan lelah.

Baca Juga : Integrated Marketing Communications : Pengertian, Strategi dan Contoh

Staff Online Marketing 

Staff online marketing adalah profesi atau seseorang yang bekerja di bidang pemasaran produk dan jasa menggunakan media digital.

Maka, tanggung jawabnya berhubungan dengan branding produk di dunia digital kepada publik.

Selain itu, masih ada beberapa tugas lainnya dari marketing online yaitu:

1. Menyusun Rancangan Promosi Digital 

Tugas pertama staff online ini yaitu membuat rancangan promosi secara digital.

Misalnya, melakukan riset audiens, pahami minat target konsumen hingga meyakinkan untuk membeli produk tersebut.

Rancangan disusun berdasarkan jenis media yang digunakan untuk pemasaran.

Misalnya, promosi produk menggunakan Youtube bisa melalui Youtube Ads, influencer dan sebagainya.

Sedangkan pemasaran via Instagram selain memposting foto produk, lebih menarik jika ada video untuk story atau laman reel. 

2. Menyusun Kampanye Pemasaran Digital 

Kampanye pemasaran digital harus dipahami dengan baik oleh staff marketing online.

Pasalnya, kampanye dilakukan menggunakan media digital. Tentunya lebih menghemat biaya operasional perusahaan. 

Agar lebih mudah, silakan lakukan riset terlebih dahulu.

Tujuannya supaya mengetahui minat pasar dan strategi pemasaran kompetitor.

Kemudian, buatlah yang unik dan memiliki ciri khas untuk membedakan produk Anda dengan pesaing. 

Baca Juga : Perbedaan Sales dan Marketing

3. Optimasi Website Perusahaan 

Promosi digital sering kali menggunakan website perusahaan.

Banyak konten dimunculkan secara soft selling ataupun hard selling. Tujuannya tetap sama untuk meningkatkan penjualan.

Perusahaan dapat merekrut penulis konten untuk mengisi laman web.

Selanjutnya tugas staff online marketing mengatur agar laman web tersebut menduduki halaman pertama mesin pencari. 

Demikian penjelasan tentang staff marketing adalah komponen penting divisi pemasaran di bisnisman.id.

Karena saat ini teknologi digital semakin diutamakan, hadirlah profesi namanya staff online marketing. Tugasnya pada pemasaran berkaitan dengan media digital. 

Biznis an

berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan pengembangan usaha kecil hingga menengah. Dengan lebih dari [jumlah tahun] tahun pengalaman dalam berbagai industri, Biznis an telah membantu banyak perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka melalui pendekatan yang inovatif dan berfokus pada hasil.

Bagikan: