marketing

Selama berkembangnya teknologi digital, terutama saat pandemi covid-19 istilah marketing bukan hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pemasaran sangat berkaitan dengan jual beli, pengiriman produk, periklanan, bisa dilakukan oleh individu maupun perusahaan. 

Mengetahui marketing sangat penting untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi sebuah bisnis,

Apabila tidak memanfaatkan marketing maka akan sulit untuk bersaing di masa seperti sekarang ini,

Apalagi di era digital yang hampir semua hal sudah berhubungan dengan internet.

Terlebih lagi sebuah teknik marketing sangat mempengaruhi sebuah produk untuk membranding dan dikenal masyarakat luas.

Marketing

marketing

Apa Itu Marketing? Marketing adalah strategi mengenalkan produk atau jasa supaya diketahui oleh target konsumen dan masyarakat luas.

Sejumlah aktivitas menyangkut hal ini diantaranya menawarkan produk atau jasa, mencari konsumen/klien, mempromosikan dan mengirimkan. 

Sekarang ini sangat mudah untuk memasarkan suatu produk, karena terdapat layanan e-commerce.

Semua penjual dapat mempromosikan barangnya. Sejumlah perusahaan ada yang memilih sistem multi level marketing, ada juga sistem afiliasi.

Produk yang ditawarkan harus memenuhi permintaan pasar.

Sebab, konsumen tidak tertarik membeli barang tidak diinginkan untuk kebutuhannya.

Ciptakan produk yang menonjol dari pesaing agar lebih mudah mendapatkan konsumen. 

Contoh Marketing

Contoh Marketing

istilah Marketing dikenal juga dengan pemasaran. Contoh marketing banyak sekali dalam kehidupan.

Mengetahui contohnya penting sekali bagi para pebisnis agar mudah menentukan langkah bisnisnya semakin berkembang dibanding pesaing. 

Banyak sekali contoh pemasaran yang ditemukan dalam kehidupan sehari- hari misalnya jika kalian bermain facebook dan menemukan sebuah iklan produk baik jasa maupun berupa barang,

Hal demikian itu juga marketing di ranah digital sehingga membuat produk kita lebih laku serta banyak diketahui oleh kalangan masyarakat.

Berikut beberapa contoh pemasaran.

1. Promosi Produk 

Promosi produk merupakan langkah memberitahukan produk tersebut kepada masyarakat.

Tanpa promosi, target konsumen tidak tahu produk yang dijual.

Karena itu, produk dan jasa apa saja dijual sangat penting dilakukan promosi. 

Tujuan promosi yaitu untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen serta meningkatkan penjualan.

Tanpa hal ini, bisnis sulit berkembang bahkan bisa saja bangkrut.

Promosi sangat mudah dilakukan dengan menawarkan langsung tatap muka,  menyebarkan brosur, memasang pamflet dan yang lainnya. 

2. Menawarkan Pengalaman Berbeda untuk Pelanggan 

Menghasilkan sesuatu yang berbeda daripada umumnya sangat dibutuhkan.

Karena sekarang ini konsumen suka dengan hal-hal unik serta berbeda dari sebelumnya.

Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan membantu pengguna menemukan konten baru pada layanan musik streaming. 

Ini bisa dilakukan oleh perusahaan pengembang aplikasi musik.

Jika biasanya musik muncul semua tanpa dibeda-bedakan.

Sekarang ini, cobalah untuk menghadirkan fitur baru dimana pengguna aplikasi lebih mudah menemukan musik berdasarkan genre yang diinginkan. 

3. Pemasaran Afiliasi 

Sistem ini biasanya menggunakan kode referral dan link.

Penjual menawarkan atau mempromosikan produk perusahaan afiliasi menggunakan link tertentu.

Jika ada konsumen tertarik ingin membeli, dapat mengklik pada link tersebut. 

Pesan ini terhubung dengan perusahaan, memudahkan mengetahui konsumen tersebut mengklik link penjual A atau penjual B dan seterusnya.

Selanjutnya penjual diberikan komisi sebab berhasil mempromosikan dan menjual produk. 

Cara Kerja Marketing 

Bagian pemasaran merupakan bagian inti dari suatu perusahaan.

Pasalnya, tanpa hal ini sangat sulit mendapatkan kesuksesan perusahaan.

Cara kerja marketing yaitu dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat, menggunakan poin-poin berikut. 

1. Produk dan Harga 

Produk atau jasa harus direncanakan dengan baik oleh tim pemasaran.

Menentukan produk seperti apa untuk diproduksi dan diluncurkan yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Juga memikirkan jasa apa yang perlu ditawarkan dan memiliki peluang bagus.

Harga merupakan komponen tak terpisahkan dari produk dan jasa.

Merancang atau menetapkan harga yang cocok juga bagian dari cara kerja pemasaran.

Mencari informasi kisaran harga standar di pasaran atau di lokasi promosi, agar produk lebih mudah terjual.

2. Tempat dan Promosi 

Tempat penjualan dipilih yang strategis. Artinya tidak berada di area sepi, sebaliknya lebih bagus di area keramaian.

Kawasan yang sepi orang beraktivitas, sudah jelas sulit mendapatkan pelanggan. Karena itu, pemilihan lokasi atau tempat tidak boleh sembarangan. 

Promosi sekarang ini tidak perlu pusing sebab menggunakan media sosial merupakan pilihan paling mudah.

Hampir semua pebisnis memasarkan produk dan jasa melalui media sosial serta website.

Tim pemasaran harus tahu dan memikirkan hal ini untuk kemajuan bisnisnya. 

3. Target Pasar 

Target pasar ditentukan sesuai produk atau jasa yang ditawarkan.

Misalnya perusahaan produksi mainan anak-anak maka target pasarnya anak-anak dan orang tuanya.

Jika memproduksi susu untuk ibu hamil dan menyusui maka dipasarkan pada ibu hamil dan menyusui. 

Begitu juga dengan jasa, misalnya jasa service komputer maka sasarannya semua orang yang memiliki komputer.

Jasa cuci pakaian, target pasarnya biasanya mahasiswa dan masyarakat sekitar yang tidak punya waktu untuk membersihkan baju sendiri.

Berbicara tentang target pasar tentunya harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum membuat sebuah produk atau jasa,

Sehingga produk tersebut dapat laku di pasaran, selain itu juga perlu di perlihatkan value atau keunggulan dari produk tersebut

Dibandingkan dengan yang lainnya, dengan begitu akan mampu bersaing di pasaran.

Itulah hal-hal yang penting diketahui tentang marketing terutama oleh para pebisnis di Bisnisman.

Sebab komponen ini berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis.

Produk berhasil dijualkan dalam jumlah banyak jika pemasaran dilakukan dengan cara benar dan tepat. 

Biznis an

berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan pengembangan usaha kecil hingga menengah. Dengan lebih dari [jumlah tahun] tahun pengalaman dalam berbagai industri, Biznis an telah membantu banyak perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka melalui pendekatan yang inovatif dan berfokus pada hasil.

Bagikan: