Omni Channel marketing simpelnya ketika kalian melihat sebuah promosi di media sosial seperti youtube, twitter, instagram dan media lainnya, Hal demikian tentu kalian sudah sering menjumpainya,
Biasanya seorang pelaku usaha atau instansi perusahaan dalam strategi promosi brand mereka pasti melalui berbagai macam platform digital.
Salah satunya ialah penggunaan omni channel marketing sebagai model strategi pemasaran mereka. Nah, sebenarnya apa maksudnya teknik ini?
Omni Channel Marketing
Omni channel adalah suatu model rencana pemasaran lintas platform. Hal ini biasanya dilakukan dengan menyesuaikan berbagai saluran yang ada.
Sehingga akan memberikan pengalaman konten baru yang konsisten bagi para konsumennya sembari memenuhi keperluannya.
Baca Juga : Undifferentiated Marketing: Pengertian, Karakteristik dan Contoh
Faktanya, strategi pemasaran ini muncul sebab pola konsumsi platform atau media yang berbeda pada konsumen
Mengharuskan mereka agar dapat terintegrasi dengan baik satu sama lain.
Sebab, hal ini akan membantu pembeli dalam menemukan hingga mempelajari suatu produk.
Nah, dari sini para konsumen bisa terlibat dalam kegiatan jual beli dengan perusahaan melalui gadgetnya.
Disisi lain, beberapa saluran yang kerap kali disatukan dalam metode ini ialah beragam media sosial, e-commerce, hingga toko offline ataupun warehouse.
Contoh Omni Channel Marketing di Indonesia
Untuk memperdalam pengetahuan anda mengenai strategi marketing tersebut, dan setelah mengetahui pengertian atau definisinya.
Kali ini, kami juga akan menyediakan beberapa contoh omni channel di Indonesia yang akan dipaparkan sebagai berikut:
1. Ginee Omni Channel
Ginee merupakan salah satu contoh omni channel terbaik yang berada di bawah naungan PT. Advance Intelligence Indonesia.
Ia adalah marketplace yang sudah tergabung dengan beberapa tempat belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya.
Ginee sendiri sudah dilengkapi beragam fitur keren, seperti manajemen produk, stok, promosi, chatting, dan masih banyak lagi.
Contoh penggunaannya ialah saat pelaku usaha atau konsumen hendak merespon beragam pesan dari beberapa toko online tanpa harus membuka aplikasi satu persatu.
2. Brightpearl Omni Channel
Hampir sama halnya dengan ginee, brightpearl merupakan salah satu platform omni channel yang mampu menghubungkan beberapa marketplace menjadi satu.
Hal ini mempermudah konsumen serta pelaku usaha dalam melakukan pelayanan jual beli produk.
Selain itu, brightpearl juga menyediakan fitur yang bisa membantu penggunanya dalam mengelola stok barang, produk, laporan bisni, dan lain sebagainya.
Adapun marketplace yang sudah terhubung dengannya ialah Shopify, Walmart, BigCommerce, serta Magento.
3. Hike Up Omni Channel
Hike Up merupakan salah satu omni channel yang cara kerjanya hampir mirip seperti brightpearl dan ginee.
Akan tetapi, yang membedakan media ini dengan dua sebelumnya ialah ia dapat membantu konsumennya untuk membuat temu janji bersama pelaku usaha.
Sedangkan untuk fitur, Hike Up mempunyai program yang dapat membantu untuk mengelola stok produk.
Selain itu, omni channel ini berbasis POS (Point of Sales) yang memudahkan pelaku usaha dan konsumennya melakukan transaksi.
Baca Juga : Event Marketing: Pengertian, Inti dan Contoh
Kelemahan dan Kelebihan Omni Channel
Sesuatu yang dapat dipastikan dari penerapan suatu strategi pemasaran ialah terdapat keunggulan serta kekurangan dari teknik tersebut.
Begitupun pada pemanfaatan Omni channel marketing dalam mempromosikan suatu produk. Antara lain sebagai berikut:
Kelebihan Omni Channel
Dengan menggunakan Omni Channel, para pelaku usaha dapat meningkatkan loyalitas konsumen melalui penawaran pengalaman yang konsisten pada konsumennya.
Selain itu, mereka juga mempunyai kesempatan untuk menjangkau calon pembelinya lebih luas lagi.
Tidak hanya itu, konsistensi konten yang diunggah dengan menggunakan teknik lintas platform ialah memperkuat brand recall bagi para konsumen.
Ditambah lagi, para pelaku usaha dapat meningkatkan keuntungan yang mereka dapatkan secara signifikan.
Kelemahan Omni Channel
Selain dari kelebihan, tentu saja terdapat kekurangan dari suatu strategi yang diterapkan, begitu pula pada penerapan omni channel.
Kelemahan yang ia miliki antara lain, kesulitan untuk mengelola beragam channel dalam media branding.
Baca Juga :
Selain itu, akan terjadi overwork mengenai konten yang akan diunggah di beberapa platform.
Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya channel atau platform gabungan yang harus dikelola secara bersamaan.
Demikianlah pemaparan secara singkat dan jelas terkait omni channel yang dapat memberikan kesempatan pada konsumennya
Untuk memperoleh pengalaman berbagi konten menggunakan beberapa media yang disatukan. Dengan tujuan mempermudah konsumen serta pelaku usaha.